Pengertian dan pengenalan materi RPL

Rekayasa Perangkat Lunak

rekayasa perangkat lunak

 

Hallo kali ini saya akan memberikan materi tentang rekayasa perangkat luna, nah apa aja sih yang akan kita pelajari dalam rekayasa perangkat lunak ? nah mari simak materi di bawah ini...

Apa itu perangkat lunak ?

Perangkat lunak (software) tidak sama dengan program komputer. Perangkat lunak tidak hanya mencakup program, tetapi semua dokumentasi dan konfigurasi data yang berhubungan, yang diperlukan untuk membuat agar program dapat beroperasi dengan benar.


Sistem perangkat lunak terdiri dari :
  • Sejumlah program yang terpisah
  • File-file konfigurasi
  • Dokumentasi sistem
  • Dokumentasi user

Tipe Perangkat Lunak (PL) Berdasarkan Pemakai

  • Produk Generik 
Sistem stand alone standar yang diproduksi oleh organisasi pengembang dan dijual ke pasar terbuka ke siapapun yang membelinya. Biasa disebut sebagai software shrink-wrapped.
Contoh : Pengolah kata (Word Processor)
  • Produk Pesanan (Customize)
Sistem yang dipesan oleh pelanggan tertentu, dikembangkan khusus bagi pelanggan oleh kontraktor perangkat lunak.
Contoh : Sistem untuk mendukung proses bisnis tertentu.

Perbedaan mendasar antara tipe perangkat lunak

  • Pada produk generik, organisasi yang mengembangkan perangkat lunak mengontrol spesifikasi perangkat lunak.
  • Pada produk pesanan, spesifikasi biasanya dikembangkan dan dikontrol oleh organisasi yang
    membeli perangkat lunak tersebut.

DEFINISI

Menurut Ian Sommervile :
Rekayasa Perangkat Lunak berkaitan dengan
1. Teori
2. Metode
3. Alat Bantu (Tools)
Untuk mengembangkan perangkat lunak berkualitas tinggi dengan cara cost-efffective.

Menurut Fritz Bauer :
Rekayasa Perangkat Lunak adalah penetapan dan penggunaan prinsip-prinsip rekayasa yang tangguh/teruji dalam upaya memperoleh perangkat lunak secara ekonomis, handal dan bekerja efisien di mesin nyata.

Menurut Mynatt :
Rekayasa Perangkat Lunak secara sederhana sebagai pendekatan sistematis untuk penciptaan dan pemilikan perangkat lunak.

Menurut IEEE Standart Glossary of Set Terminology (IEEE 83):
Rekayasa Perangkat Lunak adalah pendekatan sistematis untuk pengembangan, operasi, dan penghentian pemakaian perangkat lunak.
IEEE ( Institute of Electrical and Electrinic Engineer) adalah sebuah organisasi profesi non profit yang terdiri dari banyak ahli di bidang teknik yang mempromosikan pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat teknologi-teknologi baru dalam semua aspek "rekayasa".

Jadi dapat disimpulkan pengertian dari rekayasa perangkat lunak adalah disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. 

Kata kuncinya  :
  • Disiplin rekayasa.
  • Semua aspek produksi perangkat lunak.
Disiplin rekayasa : Perekayasa membuat suatu alat kerja menerapkan teori, metode, dan alat bantu yang sesuai selain itu mereka menggunakannya dengan selektif dan selalu mencoba mencari solusi terhadap permasalahan.

Semua aspek produksi perangkat lunak : RPL tidak hanya berhubungan dengan proses teknik dari pengembangan perangkat lunak tetapi juga dengan kegiatan manajemen proyek perangkat lunak, pengembangan alat bantu, metode dan teori untuk mendukung proses produksi perangkat lunak.

Tujuan dari Rekayasa Perangkat Lunak
  • Meningkatkan keakuratan, performance dan efficiency produk secara keseluruhan dalam pengembangan.
  • Menerapkan metodologi yang terdefinisi dengan baik untuk resolusi software.

Apakah perbedaan RPL dengan Computer Science ?

Perbedaan RPL dan Computer Science
Computer Science berhubungan dengan teori dan metode yang mendasari sistem komputer dan perangkat lunak, sedangkan RPL berhubungan dengan praktek dalam memproduksi perangkat lunak.

Apakah perbedaan RPL dengan Rekayasa Sistem ?

Perbedaan RPL dan Rekayasa Sistem
Rekayasa Sistem berkaitan dengan semua aspek dalam pembangunan sistem berbasis komputer termasuk hardware dan rekayasa perangkat lunak.
RPL sendiri adalah bagian dari rekayasa sistem yang meliputi pembangunan perangkat lunak, infrastruktur, kontrol, aplikasi dan database pada sistem.

Persyaratan Perangkat Lunak

Perangkat lunak yang dibangun atau dikembangkan harus mampu memberikan bantuan dalam merepresentasikan dan mengakses file-file eksternal  yang dibuat dengan alat bantu lainnya.

Persyaratan Fungsional
Pernyataan layanan : bagaimana sistem bekerja menerima input dan situasi lainnya. Juga menyatakan batasan yang tidak boleh dikerjakan sistem.(apa dan bagaimana sistem yang dibangun bekerja)

Persyaratan Non Fungsional
Persyaratan Produk : spesifikasi program, persyaratan hardware untuk mendukung kinerja.
Persyaratan Organisasi : kebijakan dan prosedur organisasi.
Persyaratan Eksternal : faktor eksternal terhadap sistem dan proses pengembangannya.

  • Kecepatan
  • Ukuran
  • Kemudahan
  • Kehandalan
  • Ketahanan
Nah sekian dulu materi tentang rekayasa perangkat lunak kali ini, untuk lanjutannya cek terus update terbaru dari blog clocarius education ya...

Penyusun materi : Anang Masykuri ST, M.kom
Share on Google Plus

About hariabri

Cari materi belajar ? clocarius edu tempatnya.

2 komentar: