Metode Perancangan Basis Data

Kali ini saya akan membahas materi tentang metode perancangan basis data.



Perancangan basis data sangat penting dalam upaya membangun aplikasi basis data yang handal.

Perancangan basis data terbagi dalam tiga bagian.

Conceptual Database Design
Tahapan ini meliputi proses membangun suatu model informasi yang digunakan oleh organisasi yang tidak tergantung pada pertimbangan fisik. Conceptual database design meliputi pembuatan sebuah konsep data model dari sebuah organisasi. Data model dibuat berdasarkan informasi yang didokumentasikan dari user reuirenment. Conceptual database design secara keseluruhan terbebas dari detail penerapannya seperti DBMS software, aplikasi program, bahasa pemrograman yang digunakan, perangkat keras maupun pertimbangan fisik lainnya. (Connolly dan Begg, 2005)


Logical Database Design
Logical database design adalah proses membangun suatu model informasi yang digunakan dalam perusahaan yang berdasarkan pada sebuah model yang spesifik, akan tetapi tidak tergantung pada sebuah DBMS tertentu dan pertimbangan fisik lainnya. (Connolly dan Begg, 2005)


Physical Database Design
Bagian ini dilakukan untuk memutuskan struktur logik secara fisik yang diimplementasikan dalam tujuan DBMS. Rancangan fisik menghasilkan keputusan mengenai bagaimana basis data yang dibangun agar dapat diimplentasikan/diterapkan dalam organisasi. (Connolly dan Begg, 2005)
Share on Google Plus

About hariabri

Cari materi belajar ? clocarius edu tempatnya.

3 komentar: