Konsep geografi : Pengertian dan Batasan Geografi

Konsep geografi : Pengertian dan Batasan Geografi - Sebelum mempelajari ilmu geografi kita harus terlebih dahulu mengerti dengan konsep dari geografi tersebut. Di dalam konsep geografi terdapat dua hal yang akan dibahas yaitu pengertian dari geografi dan batasan dari geografi. Dibawah ini akan saya jelaskan mengenai pengertian dan batasan dari geografi.

Pengertian dan batasan geografi

Pengertian Geografi

Geografi pertama kali diperkenalkan oleh Eratosthenes yang dijelaskan di dalam sebuah buku yang berjudul geographika (276-104 SM). Istilah dari geografi sendiri diambil dari bahasa yunani dimana geo memiliki arti bumi dan graphein yang berarti tulisan. Jadi jika diartikan geografi adalah tulisan tentang bumi atau bisa disebut dengan ilmu yang mempelajari tentang bumi.

Meskipun memiliki arti tulisan tentang bumi atau ilmu yang mempelajari tentang bumi, geografi tidak hanya membahas tentang bumi saja, geografi juga membahas tentang seluruh alam semesta baik di dalam maupun diluar bumi. Jadi arti dari geografi bisa diperluas dengan menggabungkan beberapa hal yang telah disebutkan diatas. Geografi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang bumi, iklim, flora, fauna, penduduk, cuaca, udara dan lain-lain yang berinteraksi dengannya.

Batasan Geografi menurut para ahli

Ada beberapa batasan tentang pengertian dari geografi yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli geografi, seperti berikut:
  • Ferdinan Von Richthofen mengatakan geografi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari sifat-sifat serta gejala dari permukaan bumi dan juga penduduknya. Selain itu geografi juga menjelaskan tentang hubungan sebab akibat maupun adanya gejala dan sifat-sifat itu secara bersamaan.
  • Menurut Sidney E. Ekblaw dan D.J.D. Mulkurne geografi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari mengenai bumi beserta isinya yang dapat memengaruhi bagaimana cara kita hidup, makanan apa yang kita konsumsi, baju atau pakaian yang kita kenakan, rumah untuk kita berlindung, serta semua aktivitas rekreasi yang kita rasakan.
  • Halim Khan mengatakan bahwa ilmu geografi adalah lingkungan alam dan sosial merupakan wilayah untuk melakukan kegiatan, mendeskripsikan, menganalisis, dan menikmati tingkah laku manusia di bumi yang bermanfaat bagi kelangsungan hidupnya.
  • Menurut Bintarto geografi adalah suatu cabang ilmu yang mencitrakan, menjelaskan sifat-sifat dari bumi, melakukan analisis dari gejala alam dan penduduk, serta mempelajari corak yang khas mengenai penghidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu.
  • Berdasarkan dari hasil seminar dan lokakarya semarang pada tahun 1988, Geografi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan dari gejala alam beserta kehidupan di muka bumi (gejala geosfer) serta interaksi dari manusia dan lingkungannya yang tercakup dalam konteks keruangan dan kewilayahan.

Berdasarkan beberapa pendapat tentang pengertian dan batasan dari geografi diatas dapat dibuat suatu pengertian mengenai geografi seperti berikut : Geografi adalah suatu cabang ilmu yang memepelajari tentang gejala alam dan seluruh kehidupan yang ada di bumi beserta interaksi yang terjadi antara manusia dan lingkungannya dalam konteks keruangan dan kewilayahan.

Share on Google Plus

About hariabri

Cari materi belajar ? clocarius edu tempatnya.

0 komentar:

Post a Comment