Ruang lingkup dan ilmu pendukung geografi

Ruang lingkup geografi

Ruang lingkup memiliki cakupan yang luas mulai dari kehidupan yang ada di bumi, luar angkasa, kejadian dan gejala alam, serta interaksi antara manusia dan lingkungannya dalam konteks ruang dan wilayah.

ruang lingkup ilmu geografi

Ilmu yang mempelajari tentang kejadian dan gejala alam serta kehidupan yang ada di bumi biasa disebut juga dengan gejala geosfer. Geografi disini akan menjelaskan mengenai penyebab dari terjadinya dan juga kenapa dan bagaimana gejala geosfer bisa terjadi.

Ruang lingkup dari geografi juga mempelajari tentang interaksi yang dilakukan oleh manusia dengan lingkungannya. Contohnya saja manusia bercocok tanam dalam hal ini adalah menanam padi, dan padi tersebut akan dikonsumsi oleh banyak masyarakat. Dari contoh tersebut dapat membuktikan bahwa interaksi antara manusia dan lingkungannya memang benar terjadi agar manusia dapat memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Karena itulah kita harus terus menjaga dan melestarikan alam agar sumber daya alam dapat terus terjaga. Gunakanlah sumber daya alam dengan bijak.

Sebenarnya ruang lingkup dari ilmu geografi dibagi menjadi dua bagian besar yaitu geografi fisik dan juga geografi sosial. Dari dua atau ruang lingkup ilmu geografi tersebut dapat terbentuk suatu ruang lingkup baru yaitu geografi regional.

Dibawah ini adalah penjelasan mengenai 3 cabang ilmu geografi:

  • Geografi fisik sendiri membahas tentang semua yang terjadi di muka bumi, baik itu darat, laut, udara dan luar angkasa beserta faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya.
  • Geografi sosial adalah suatu cabang ilmu geografi yang membahas atau mempelajari tentang interaksi yang terjadi antarmanusia.
  • Geografi regional adalah suatu cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang wilayah dari negara-negara yang ada.

Ilmu pendukung geografi

Seperti yang telah dijelaskan diatas, ilmu geografi memiliki cakupan bahasan yang sangat luas, karena itulah ilmu geografi memerlukan ilmu pendukung yang memiliki kaitan erat dengan pembahasan geografi. Cakupan bahasan dari ilmu geografi mempelajari tentanga bumi secara fisik, gejala teritorial, gejala sosial serta interaksi antarmanusia. Inilah yang membuat ilmu geografi menjadi lebih spesifik dan memiliki manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Ilmu pendukung gografi biasa juga disebut dengan cabang-cabang ilmu geografi. Cabang-cabang dari ilmu geografi adalah sebagai berikut:

  • Geologi: Geologi adalah suatu cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang bumi ssecara menyeluruh, mulai dari asal kejadiannya, strukturnya, komposisi dari bumi serta sejarah dari bumi itu sendiri yang di dalamnya juga termasuk perkembangan dari kehidupan serta proses alamiah dari perkembangannya.
  • Geomorfologi: Geomorfologi adalah suatu cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang bentuk-bentuk dari permukaan bumi dan semua proses yang menyebabkan atau membuat bentuk-bentuk tersebut.
  • Geofisika: Geofisikan adalah suatu cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang sifat-sifat fisik dari bumi pada bagian dalam dengan menggunakan metode teknik fisika, contohnya seperti dengan mengukur gejala-gejala magnetik dan gaya berat.
  • Meterologi: Meterologi adalah suatu cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang atmosfer, cuaca, udara, angin, suhu, serta curah hujan.
  • Hidrologi: Hidrologi adalah suatu cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang air yang ada baik di permukaan tanah maupun dibawah tanah atau air tanah serta air yang ada di udara.
  • Oseanografi: Oseanografi adalah suatu cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang perairan laut beserta seluruh isinya seperti, terjadinya pasang surut, sifat dari air laut, kedalaman arus, tumbuhan, binatang, geologi dasar laut dan juga hubungan yang terjadi antara laut dan atmosfer.
  • Demografi: Demografi adalah cabang ilmu dari geografi yang mempelajari tentang cara mengumpulkan, melakukan penyelidikan mengenai catatan-catatan dan juga statistik dari penduduk yang bertujuan untuk mengetahui tentang perkembangan, kepadatan, kelahiran, migrasi serta penyebaran penduduk.
  • Astronomi: Astronomi adalah suatu cabang ilmu geografi yang mempelajari mengenai semua benda-benda langit yang berada diluar dari atmosfer bumi contohnya seperti matahari, bintang, bulan serta ruang angkasa. Baik dari sifat-sifat fisik, kimia, maupun gerakan dan proses kejadian benda-benda langit.
  • Klimatologi: Klimatologi adalah suatu cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang kondisi rata-rata cuaca juga membahas berbagai iklim yang ada diseluruh dunia.
  • Meteorilogi: Meteorologi adalah suatu cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang cuaca.
  • Pedologi: Pedologi adalah suatu cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang tanah baik itu jenis, struktur dan juga unsur-unsur tanah.
  • Biogeografi: Adalah suatu cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang geografi tumbuhan dan geografi hewan.
  • Geografi tumbuhan atau disebut juga fitologi: adalah suatu cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang persebaran tumbuhan yang ada di bumi dan juga kesesuaiannya dengan keadaan iklim di bumi.
  • Geografi hewan (zoologi): Zoologi adalah suatu cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang binatang baik habitat dimana mereka hidup, persebaran, dan juga perkembangannya.
  • Etnografi: Etnografi adalah cabang ilmu geografi yang membahas tentang jenis ras penyebaran bangsa-bangsa yang dilihat dari keadaan geografis.
  • Kartografi: Kartografi atau yang biasa juga disebutd dengan ilmu geografi peta adalah ilmu yang mempelajari cara pembuatan, jenis dan juga cara pemanfaatannya.

Itulah cabang-cabang ilmu geografi atau ilmu pendukung geografi yang harus kalian pahami. Setiap cabang ilmu geografi memiliki cakupan bahasannya tersendiri sehingga jika digabungkan maka ilmu geografi adalah ilmu yang sangat luas.
Share on Google Plus

About hariabri

Cari materi belajar ? clocarius edu tempatnya.

0 komentar:

Post a Comment